Kamis, 01 Desember 2016

MEWUJUDKAN LINGKUNGAN SEKOLAH YANG ISLAMI



MEWUJUDKAN LINGKUNGAN SEKOLAH YANG ISLAMI
Oleh Dimyati Sajari
Email: dimyati@uinjkt.ac.id
HP        : 081310649098
بسم الله الرحمن الرحيم

Sekolah yang Islami adalah sekolah yang di situ nilai-nilai keislaman telah diwujudkan atau diterapkan. Nilai-nilai keislaman atau nilai-nilai yang Islami adalah nilai-nilai yang bersumber dari wahyu (al-Qur’an dan al-Sunnah). Mewujudkan Lingkungan Sekolah yang Islami berarti berusaha mewujudkan nilai-nilai yang Islami di lingkungan sekolah, sehingga di lingkungan sekolah itu tercermin nilai-nilai keislaman.
Indikator sekolah yang Islami adalah sekolah yang sarana dan prasarana keagamaannya memadai, semisal masjid/mushalla, tempat wudhu, toilet, dan bak/tong sampah.
Di samping itu, simbol-simbol keagamaan tercermin di lingkungan sekolah, seperti nama-nama gedung yang Islami dan ditulis juga dengan Bahasa Arab, nama-nama ruang klas, ruang guru, ruang kepala, dan tembok pagar yang ditulis pula dengan Bahasa Arab.
Unsur keberhasilan sebuah penanam nilai yang sangat ditekankan oleh Imam al-Ghazali adalah unsur ta‘diyah (pembiasaan). Nilai-nilai yang Islami di lingkungan sekolah yang perlu dibiasakan untuk dipraktekkan, di antaranya, adalah:
1.      Saling mengucapkan salam ketika bertemu dengan yang lain.
قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صلّى اللهُ عليه وسلَم: يَا اَيُّهَاالنَّاسُ أَفْشُوْا السَّلَامَ...
حَقُّ الْمُسْلِمِ عَلَى الْمُسْلِمِ سِتٌّ: إِذَا لَقِيْتَهُ فَسَلِّمْ عَلَيْهِ...
2.      Saling berjabatan tangan dengan yang sejenis kelamin.
 قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صلّى اللهُ عليه وسلَم: مَا مِنْ مُسْلِمَيْنِ يَلْتَقِيَانِ فَيَتَصًافَحَانِ إِلَّا غُفِرَ لَهُمَا قَبْلَ أَنْ يَتَفَرَّقَا. رواه ابوداود
3.      Berpakaian muslim atau muslimah
4.      Murid menghormati guru dan guru menyayangi murid
5.      Membezuk yang sakit
6.      Membantu yang lemah
7.      Pembelajaran diawali dan diakhiri dengan membaca al-Qur’an
8.      Menjaga kebersihan
وَعَنِ الْبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ رضى اللهُ عنهما قال: أَمَرَنَا رَسُوْلُ اللهِ صلّى اللهُ عليه وسلَم بِسَبْعٍ: بِعِيَادَةِ الْمَرِيْضِ، وَاتِّبَاعِ الْجَنَائِزِ، وَقَشْمِيْتِ الْعَاطِسِ، وَنَصْرِ الضَّعِيْفِ وَعَوْنِ الْمَظْلُوْمِ، وَإِفْشَاءِ السَّلَامِ، وَاِبْرَارِ الْقَسَمِ. رواه البخارى
Al-Barra’ bin ‘Azib r.a. berkata: Rasulullah Saw menyuruh kami dengan tujuh macam: 1. Membezuk orang sakit; 2. Menghantarkan jenazah; 3. Mendoakan orang bersin (yang membaca Alhamdulillah); 4. Menolong orang lemah; 5. Menolong orang teraniaya; 6. Menebarkan salam; dan 7. Menepati sumpah.
وارحمهما كما ربّينى صغيرا
الحمد لله ربّ العلمين

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

Sample Text

 
Blogger Templates