Mata
Kuliah
|
:
|
PENDIDIKAN AKHLAK
|
|
Kode
|
:
|
AKH
410310
|
|
Bobot
SKS
|
:
|
3 SKS
|
|
Jurusan
|
:
|
Pendidikan Bahasa Arab / Kimiya
|
|
Program
Studi
|
:
|
Pendidikan Agama Arab / Kimiya
|
|
Semester
|
:
|
||
Mata
Kuliah Prasyarat
|
:
|
-
|
|
Pengajar
HP |
:
: : |
Dr. Akhmad Sodiq / Dr. Dimyati, M.Ag
dimyati@uinjkt.ac.id 081310649098 |
|
Capaian Pembelajaran
|
:
|
Memiliki pengetahuan yang
mendalam dan obyektif tentang sistem etika Islam, ajaran-ajaran akhlak Islami dan memiliki momitmen
terhadap pengamalannya.
Mampu menganalisis secara objektif tentang sistem Akhlak Islam dan
siginifikansinya atau relevansinya dalam konteks kehidupan kekinian, baik secara naqliyah maupun ‘aqliyah serta secara teoritis dan logis maupun
secara praksis.
|
|
Deskripsi
Mata Kuliah
|
:
|
Mata kuliah ini mengkaji tentang:
Ta’rif dan sumber akhlaq; Karakteristik Etika Islami; Etika ibadah mahdlah/
Adab ‘Ubudiyah (adab ma’allah wa al-Rasulullah); Etika individu dan kelompok/
Adab Fardliyah wa ijtimaiyah; Akhlak dalam
Kegiatan Ekonomi (iqtishadiyyah). Etika Keluarga/ Adab ‘Usriyah (birr al-walidain
wa adab al-nikah); Daya-daya ruhani; Dinamika ruhani; Pembinaan karakter
ideal; Penyakit ruhani; dan Etika ideal.
|
|
Indikator
|
:
|
Setelah
menyelesaikan seluruh materi perkuliahan diharapkan mahasiswa memiliki
kemampuan:
1.1.
Menjelaskan Ta’rif Akhlak
1.2.
Menjelaskan Fungsi dan Tujuan
Akhlak
1.3.
Menjelaskan Ruang Lingkup
Akhlak
1.4.
Menjelaskan Persamaan dan
Perbedaannya dengan istilah lain, semisal istilah etika, moral, susila dan
budi pekerti.
2.1.
Menjelaskan Dalil-dalil Naqli
tentang Akhlak
2.2.
Menjelaskan Dalil-dalil 'Aqli
mengenai Akhlak
2.3.
Menjelaskan Makna Penting Ilmu
Akhlak
2.4.
Menjelaskan Hubungannya Ilmu
Akhlak dengan Ilmu-ilmu lain: Tasawuf, Tauhid, Syari'ah, Tarbiyah dan
Filsafat
3.1. Menjelaskan Akhlak kepada Allah
5.1.
Menjelaskan Akhlak kepada Rasulullah
5.2.
Menjelaskan Akhlak kepada Orang Tua
5.3.
Menjelaskan Akhlak terhadap Diri sendiri
6.1.
Menjelaskan adab dalam Ibadah Thaharah
6.2.
Menjelaskan adab dalam Ibadah Shalat
6.3.
Menjelaskan adab dalam Ibadah Zakat
6.4.
Menjelaskan adab dalam Ibadah Puasa
6.5.
Menjelaskan adab dalam Ibadah Haji
7.1.
Menjelaskan adab Murid dalam Belajar
7.2.
Menjelaskan adab Murid dalam Pembelajaran
7.3.
Menjelaskan adab Murid terhadap Guru
7.4.
Menjelaskan adab Guru dalam Pembelajaran
7.5.
Menjelaskan adab Jawab Guru terhadap Murid
8.1.
Menjelaskan Akhlak dalam Kehidupan Sosial Kemasyarakatan (ijtima'iyyah)
terhadap sesama Muslim
8.2.
Menjelaskan Akhlak dalam Kehidupan Sosial Kemasyarakatan (ijtima'iyyah)
terhadap non-muslim
8.3.
Menjelaskan Tanggung Jawab Muslim dalam Kehidupan Sosial
Kemasyarakatan (ijtima'iyyah)
8.4.
Menjelaskan Tanggung Jawab Muslim terhadap Lingkungan
8.5.
Menjelaskan Tanggung Jawab Muslim dalam Pelestarian Lingkungan Hidup
9.1. Menjelaskan Pandangan Islam tentang Kehidupan Rumah
Tangga
9.2. Menjelaskan Pandangan Budaya Modern tentang Kehidupan
Rumah Tangga
9.3. Menjelaskan Akhlak (Suami, Istri, Orang Tua, Anak)
dalam Kehidupan Rumah Tangga
9.4. Menjelaskan Moralitas Budaya Modern dalam Kehidupan Rumah Tangga
9.5.
Menjelaskan Makna Penting Pendidikan Akhlak dalam Rumah
Tangga
10.1.
Menjelaskan Pandangan Islam tentang Harta
10.2.
Menjelaskan Pandangan Islam tentang Kerja/Usaha
10.3. Menjelaskan Akhlak dalam Kegiatan Ekonomi / Wirausaha (Pertanian,
Perdagangan, Perbankan)
10.4.
Menjelaskan Akhlak dalam Mentasharufkan Harta
11.1. Menganalisis Hakikat Manusia
11.2. Menganalisis Hakikat Ruh menurut
al-Qur’an-Hadis dan sufi
11.3. Menganalisis daya-daya ruhani (al-Nafs,
al-Aql, al-Qolb, al-Ruh dan al-Sirr)
11.4. Menganalisis nature dan peran
daya-daya ruhani (al-Nafs, al-Aql, al-Qolb) dalam pengambilan
keputusan batin
11.5.
Menganalisis dinamika ruhani ketika menetapkan akhlak
baik dan buruk
12.6.
Menganalisis perbedaan ilhām,
waswās, hawājis dan khāthir al-yaqīn
12.7.
Menganalisis intensitas khāthir
dan intensitas keburukan
12.8.
Menganalisis akar ragam penyakit
ruhani menurut para sufi
12.9.
Menganalisis pencabangan penyakit ruhani
12.10. Menghindarkan diri dari berbagai penyakit ruhani
12.11. Menganalisis konsep Tazkiyāt al-Nafs
menurut para sufi
12.12. Menganalisis hakikat mujāhadah dan riyādlah
12.13. Menganalisis macam-macam mujāhadah dan riyādlah
12.14. Menganalisis konsep Character Building menurut
Islam dan Barat
12.15. Menerapkan mujāhadah dan riyādlah
12.16. Menganalisis pokok etika ideal (ummahāt
al-fadlā`il)
12.17. Menganalisis pencabangan etika ideal
12.18. Menerapkan etika ideal
|
|
Bahan Kajian
|
:
|
1.
Akhlak dan Istilah Lain: Etika,
Moral, Susila, Budi Pekerti.
2. Dasar-dasar Akhlak dan
Hubungannya dengan Tasawuf, Tauhid, Syari'ah, Tarbiyah dan Filsafat.
3. Akhlak kepada Allah, kepada Rasulullah, kepada Orang Tua dan terhadap Diri sendiri.
4. Akhlak dalam
Ibadah.
5. Akhlak dalam
Belajar dan Pembelajaran (adab al-ta‘lîm wa ta‘allum)
6. Akhlak dalam Kehidupan Sosial Kemasyarakatan (ijtima'iyyah) dan Pelestarian Lingkungan Hidup.
7. Akhlak dalam Kehidupan
Rumah Tangga dan Moralitas Budaya Modern
8. Akhlak dalam Kegiatan Ekonomi / Wirausaha (iqtishadiyyah)
9. Hakikat manusia dan daya-daya ruhani
10.
Dinamika ruhani
11.
Penyakit ruhani dan pencabangannya
12. Character Building melalui mujāhadah dan riyādlah
13. Etika ideal (al-akhlak al-fadlilah) dan
pencabangannya
|
|
Pendekatan
Pembelajaran
|
:
|
Perkuliahan
ini menggunakan pendekatan:
1.
Active learning;
2.
Cooperative Learning
3.
Problem Based Learning (PBL)
4.
Inquiry-discovery-problem solving.
Terkait
dengan pelaksanaan perkuliahan menggunakan pola:
1.
Klasikal;
2.
Kelompok;
3.
Individual.
Terkait
dengan penggunaan metode perkuliahan menggunakan metode: ceramah, diskusi, the
power of two, critical incident, snowballing dan penugasan.
|
|
Penilaian
|
:
|
Penilaian diperoleh dari aspek-aspek:
1.
Ujian Tengah Semester
2.
Ujian Akhir Semester
3. Formatif/Kehadiran/Penugasan/Performance Assessment/ portofolio
Penilaian Produk : Test
Penilaian Proses :
Nontest/ Performance assesment pada pengalaman belajar, Self
Assesment, Peer Assesment
|
|
Buku Sumber
|
:
|
1. Abu Hamid
Al-Ghazali, Ihya’ ‘Ulum al-Din, Daar al-Fikr, Beirut, t.t.
2. Ibn Miskawaih, Tahdzib
Al-Akhlaq wa Tathhir Al-A’raq, Mathba’ah Kurdistan al-Kurdi, t.t.
3.
Ahmad Muhammad Shubhi, Filsafat
Etika
4.
Al-Naraqy, Penyakit
Ruhani
5.
Ibn ‘Ajibah al-Hasany: Iqadh
al-Himam fiy Syarkh al-Hikam
6.
Ahmad Amin, Etika Islam
7. ________, Fajr al-Islam, Sulaiman Mar’i, Singapura,
1965
8.
Abdul Qadir al-Jinalany: Al-Ghun-yah
li Thalib Shirat al-Haqq
9.
Abu Thalib al-Makky: Qut
al-Qulub
10.
Al-Ghazaly, Kimiyyā’ al-Sa’ādah
11.
________, Majmū’at al-Rasā`il li Imam
al-Ghazāli
12.
Harun Nasution: Falsafah dan
Mistisisme dalam Islam
13.
Ibn Qayyim, al-Rūh
14.
K.Bertens, Etika
15. Abû Bakr Muhmmad
al-Kalâbâdzî, Al-Ta‘arruf li-Madzhab Ahl al-Tashawwuf, Kairo: Maktabat
al-Kulliyyât al-Azhariyyat, 1969
16. Abû al-Qâsim ‘Abd
al-Karîm b. Hawâzin al-Qusyairî al-Naisâbûrî, Al-Risâlah al-Qusyairiyyah
fî ‘Ilm al-Tashawwuf, al-Haramain, t.t.
17. Al-Mawardi, Al-Ahkam
al-Sulthaniyyah, dar al-fikr, t.t.
18. Al-Imâm Burhân
al-Islâm al-Zarnûjî, Matn Ta‘lîm al-Mut‘allim, Semarang: Maktabah
al-‘Alawiyyah, t.t.
19. Sayyid Sâbiq, Fiqh
al-Sunnah, Beirut: Dar al-Fikr, 1983
20. Moh. Ardani, Akhlak-Tasawuf:
Nilai-nilai Akhlak/Budi pekerti dalam Ibadat & Tasawuf, Jakarta: CV. Karya Mulia, 2005, Cet. II
21. Abuddin
Nata, Akhlak Tasawuf, Jakarta: PT
RajaGrafindo Persada, 2008
22. Ahmad Amin, Al-Akhlak,
terjemahan Prof. KH. Farid Ma’ruf, Bulan Bintang, Jakarta, 1975
23. HAMKA, Tasawuf
Modern, Panji Masyarakat, Jakarta
24. Syekh Ahmad Farid,
Tazkiyah An-Nafs: Mensucikan Jiwa, terj. Muhammad Albani, Solo:
al-Hambra, 2012
25. Hamzah Ya'qub, Etika
Islam, Bandung: CV. Diponegoro, 1996, Cet. VII
26. Imam al-Ghazali, Meraih
Kebahagiaan Dunia & Akhirat, Semarang: Mutiara Persada, 2003
27. Imam al-Ghazali, Benang
Tipis antara Halal & Haram, Surabaya: Putra Pelajar, 2002
28. Kunto Wijoyo, Paradigma
Islam, Bandung: Mizan, 1991
29. Kutowijoyo, Identitas
Politik Umat Islam, Bandung: Mizan, 1997
30. Munawir Sjadzali, Islam
dan Tata Negara, Jakarta: UI-Press, 2008
31. Bahtiar Effendy, Islam
dan Negara, Jakarta: Paramadina, 1998
32. Said Aqiel Siradj, Islam
Kebangsaan, Jakarta: Pustaka Ciganjur, 1999
33. Said Hawwa, Jalan
Ruhani, Bandung: Mizan, 1999
34. M. Ali Haidar, Nahdatul Ulama dan Islam di Indonesia, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1998 |
Mengetahui, Jakarta,
01 Februari 2018
Ketua Jurusan PAI Dosen
Pengampu Mata Kuliah
Dr. Âbdul Majid Khon, M.Ag Dr. Akhmad Sodiq, MA / Dr. Dimyati, M.Ag
Tidak ada komentar:
Posting Komentar