Senin, 05 Februari 2018

SILABUS PENDIDIKAN AKHLAK



Mata Kuliah
:
PENDIDIKAN AKHLAK

Kode
:
AKH 410310

Bobot SKS
:
3 SKS

Jurusan
:
Pendidikan Bahasa Arab / Kimiya

Program Studi
:
Pendidikan Agama Arab / Kimiya

Semester
:


Mata Kuliah Prasyarat
:
-

Pengajar
Email
HP
:
:
:
Dr. Akhmad Sodiq / Dr. Dimyati, M.Ag
dimyati@uinjkt.ac.id
081310649098 

Capaian Pembelajaran
:
Memiliki pengetahuan yang mendalam dan obyektif tentang sistem etika Islam, ajaran-ajaran akhlak Islami dan memiliki momitmen terhadap pengamalannya.
Mampu menganalisis secara objektif tentang sistem Akhlak Islam dan siginifikansinya atau relevansinya dalam konteks kehidupan kekinian, baik secara naqliyah maupun ‘aqliyah serta secara teoritis dan logis maupun secara praksis.

Deskripsi Mata Kuliah
:
Mata kuliah ini mengkaji tentang: Ta’rif dan sumber akhlaq; Karakteristik Etika Islami; Etika ibadah mahdlah/ Adab ‘Ubudiyah (adab ma’allah wa al-Rasulullah); Etika individu dan kelompok/ Adab Fardliyah wa ijtimaiyah; Akhlak dalam Kegiatan Ekonomi (iqtishadiyyah). Etika Keluarga/ Adab ‘Usriyah (birr al-walidain wa adab al-nikah); Daya-daya ruhani; Dinamika ruhani; Pembinaan karakter ideal; Penyakit ruhani; dan Etika ideal.

Indikator
:
Setelah menyelesaikan seluruh materi perkuliahan diharapkan mahasiswa memiliki kemampuan:
1.1.        Menjelaskan Ta’rif Akhlak
1.2.        Menjelaskan Fungsi dan Tujuan Akhlak
1.3.        Menjelaskan Ruang Lingkup Akhlak
1.4.        Menjelaskan Persamaan dan Perbedaannya dengan istilah lain, semisal istilah etika, moral, susila dan budi pekerti.
2.1.        Menjelaskan Dalil-dalil Naqli tentang Akhlak
2.2.        Menjelaskan Dalil-dalil 'Aqli mengenai Akhlak
2.3.        Menjelaskan Makna Penting Ilmu Akhlak
2.4.        Menjelaskan Hubungannya Ilmu Akhlak dengan Ilmu-ilmu lain: Tasawuf, Tauhid, Syari'ah, Tarbiyah dan Filsafat
3.1.    Menjelaskan Akhlak kepada Allah
5.1.        Menjelaskan Akhlak kepada Rasulullah
5.2.        Menjelaskan Akhlak kepada Orang Tua
5.3.        Menjelaskan Akhlak terhadap Diri sendiri
6.1.        Menjelaskan adab dalam Ibadah Thaharah
6.2.        Menjelaskan adab dalam Ibadah Shalat
6.3.        Menjelaskan adab dalam Ibadah Zakat
6.4.        Menjelaskan adab dalam Ibadah Puasa
6.5.        Menjelaskan adab dalam Ibadah Haji
7.1.        Menjelaskan adab Murid dalam Belajar
7.2.        Menjelaskan adab Murid dalam Pembelajaran
7.3.        Menjelaskan adab Murid terhadap Guru
7.4.        Menjelaskan adab Guru dalam Pembelajaran
7.5.        Menjelaskan adab Jawab Guru terhadap Murid
8.1.        Menjelaskan Akhlak dalam Kehidupan Sosial Kemasyarakatan (ijtima'iyyah) terhadap sesama Muslim
8.2.        Menjelaskan Akhlak dalam Kehidupan Sosial Kemasyarakatan (ijtima'iyyah) terhadap non-muslim
8.3.        Menjelaskan Tanggung Jawab Muslim dalam Kehidupan Sosial Kemasyarakatan (ijtima'iyyah)
8.4.        Menjelaskan Tanggung Jawab Muslim terhadap Lingkungan
8.5.        Menjelaskan Tanggung Jawab Muslim dalam Pelestarian Lingkungan Hidup
9.1. Menjelaskan Pandangan Islam tentang Kehidupan Rumah Tangga
9.2. Menjelaskan Pandangan Budaya Modern tentang Kehidupan Rumah Tangga
9.3.  Menjelaskan Akhlak (Suami, Istri, Orang Tua, Anak) dalam Kehidupan Rumah Tangga
9.4.  Menjelaskan Moralitas Budaya Modern dalam Kehidupan Rumah Tangga
9.5.     Menjelaskan Makna Penting Pendidikan Akhlak dalam Rumah Tangga
10.1.     Menjelaskan Pandangan Islam tentang Harta
10.2.     Menjelaskan Pandangan Islam tentang Kerja/Usaha
10.3. Menjelaskan Akhlak dalam Kegiatan Ekonomi / Wirausaha (Pertanian, Perdagangan, Perbankan)
10.4.     Menjelaskan Akhlak dalam Mentasharufkan Harta
11.1.     Menganalisis Hakikat Manusia
11.2.     Menganalisis Hakikat Ruh menurut al-Qur’an-Hadis dan sufi
11.3.     Menganalisis daya-daya ruhani (al-Nafs, al-Aql, al-Qolb, al-Ruh dan al-Sirr)
11.4.     Menganalisis nature dan peran daya-daya ruhani (al-Nafs, al-Aql, al-Qolb) dalam pengambilan keputusan batin
11.5.     Menganalisis dinamika ruhani ketika menetapkan akhlak baik dan buruk
12.6.     Menganalisis perbedaan ilhām, waswās, hawājis dan khāthir al-yaqīn
12.7.     Menganalisis intensitas khāthir dan  intensitas keburukan
12.8.     Menganalisis akar ragam penyakit ruhani menurut para sufi
12.9.     Menganalisis pencabangan penyakit ruhani
12.10. Menghindarkan diri dari berbagai penyakit ruhani
12.11. Menganalisis konsep Tazkiyāt al-Nafs menurut para sufi
12.12. Menganalisis hakikat mujāhadah dan riyādlah
12.13. Menganalisis macam-macam  mujāhadah dan riyādlah
12.14. Menganalisis konsep Character Building menurut Islam dan Barat
12.15. Menerapkan mujāhadah dan riyādlah
12.16. Menganalisis pokok etika ideal (ummahāt al-fadlā`il)
12.17. Menganalisis pencabangan etika ideal
12.18. Menerapkan etika ideal

Bahan Kajian
:
1.  Akhlak dan Istilah Lain: Etika, Moral, Susila, Budi Pekerti.
2.  Dasar-dasar Akhlak dan Hubungannya dengan Tasawuf, Tauhid, Syari'ah, Tarbiyah dan Filsafat.
3.  Akhlak kepada Allah, kepada Rasulullah, kepada Orang Tua dan terhadap Diri sendiri.
4.  Akhlak dalam Ibadah.
5.  Akhlak dalam Belajar dan Pembelajaran (adab al-ta‘lîm wa ta‘allum)
6.  Akhlak dalam Kehidupan Sosial Kemasyarakatan (ijtima'iyyah) dan Pelestarian Lingkungan Hidup.
7.  Akhlak dalam Kehidupan Rumah Tangga dan Moralitas Budaya Modern
8.  Akhlak dalam Kegiatan Ekonomi / Wirausaha (iqtishadiyyah)
9.  Hakikat manusia dan daya-daya ruhani
10.     Dinamika ruhani
11.     Penyakit ruhani dan pencabangannya
12.     Character Building melalui mujāhadah dan riyādlah
13.     Etika ideal (al-akhlak al-fadlilah) dan pencabangannya


Pendekatan Pembelajaran
:
Perkuliahan ini menggunakan pendekatan:
1.   Active learning;
2.   Cooperative Learning
3.   Problem Based Learning (PBL)
4.   Inquiry-discovery-problem solving.

Terkait dengan pelaksanaan perkuliahan menggunakan pola:
1. Klasikal;
2. Kelompok;
3. Individual.

Terkait dengan penggunaan metode perkuliahan menggunakan metode: ceramah, diskusi, the power of two, critical incident, snowballing dan penugasan.

Penilaian
:
Penilaian diperoleh dari aspek-aspek:

1.  Ujian Tengah Semester
2.  Ujian Akhir Semester   
3.  Formatif/Kehadiran/Penugasan/Performance  Assessment/ portofolio   

Penilaian Produk   : Test                               
Penilaian Proses  :   Nontest/ Performance assesment pada pengalaman belajar, Self Assesment, Peer Assesment
Buku Sumber
:
1.    Abu Hamid Al-Ghazali, Ihya’ ‘Ulum al-Din, Daar al-Fikr, Beirut, t.t.
2.    Ibn Miskawaih, Tahdzib Al-Akhlaq wa Tathhir Al-A’raq, Mathba’ah Kurdistan al-Kurdi, t.t.
3.    Ahmad Muhammad Shubhi, Filsafat Etika
4.    Al-Naraqy, Penyakit Ruhani
5.    Ibn ‘Ajibah al-Hasany: Iqadh al-Himam fiy Syarkh al-Hikam
6.    Ahmad Amin, Etika Islam
7.    ________, Fajr al-Islam, Sulaiman Mar’i, Singapura, 1965
8.    Abdul Qadir al-Jinalany: Al-Ghun-yah li Thalib Shirat al-Haqq
9.    Abu Thalib al-Makky: Qut al-Qulub
10. Al-Ghazaly,  Kimiyyā’ al-Sa’ādah
11. ________, Majmū’at al-Rasā`il li Imam al-Ghazāli
12. Harun Nasution: Falsafah dan Mistisisme dalam Islam
13. Ibn Qayyim, al-Rūh
14. K.Bertens, Etika
15. Abû Bakr Muhmmad al-Kalâbâdzî, Al-Ta‘arruf li-Madzhab Ahl al-Tashawwuf, Kairo: Maktabat al-Kulliyyât al-Azhariyyat, 1969
16. Abû al-Qâsim ‘Abd al-Karîm b. Hawâzin al-Qusyairî al-Naisâbûrî, Al-Risâlah al-Qusyairiyyah fî ‘Ilm al-Tashawwuf, al-Haramain, t.t.
17. Al-Mawardi, Al-Ahkam al-Sulthaniyyah, dar al-fikr, t.t.
18. Al-Imâm Burhân al-Islâm al-Zarnûjî, Matn Ta‘lîm al-Mut‘allim, Semarang: Maktabah al-‘Alawiyyah, t.t.
19. Sayyid Sâbiq, Fiqh al-Sunnah, Beirut: Dar al-Fikr, 1983
20. Moh. Ardani, Akhlak-Tasawuf: Nilai-nilai Akhlak/Budi pekerti dalam Ibadat & Tasawuf, Jakarta: CV. Karya Mulia, 2005, Cet. II
21. Abuddin Nata, Akhlak Tasawuf, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2008
22. Ahmad Amin, Al-Akhlak, terjemahan Prof. KH. Farid Ma’ruf, Bulan Bintang, Jakarta, 1975
23. HAMKA, Tasawuf Modern, Panji Masyarakat, Jakarta
24. Syekh Ahmad Farid, Tazkiyah An-Nafs: Mensucikan Jiwa, terj. Muhammad Albani, Solo: al-Hambra, 2012
25. Hamzah Ya'qub, Etika Islam, Bandung: CV. Diponegoro, 1996, Cet. VII
26. Imam al-Ghazali, Meraih Kebahagiaan Dunia & Akhirat, Semarang: Mutiara Persada, 2003
27. Imam al-Ghazali, Benang Tipis antara Halal & Haram, Surabaya: Putra Pelajar, 2002
28. Kunto Wijoyo, Paradigma Islam, Bandung: Mizan, 1991
29. Kutowijoyo, Identitas Politik Umat Islam, Bandung: Mizan, 1997
30. Munawir Sjadzali, Islam dan Tata Negara, Jakarta: UI-Press, 2008
31. Bahtiar Effendy, Islam dan Negara, Jakarta: Paramadina, 1998
32. Said Aqiel Siradj, Islam Kebangsaan, Jakarta: Pustaka Ciganjur, 1999
33. Said Hawwa, Jalan Ruhani, Bandung: Mizan, 1999
34. M. Ali Haidar, Nahdatul Ulama dan Islam di Indonesia, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1998



Mengetahui,                                                                                      Jakarta, 01 Februari 2018
Ketua Jurusan PAI                                                                           Dosen Pengampu Mata Kuliah




Dr. Âbdul Majid Khon, M.Ag                                       Dr. Akhmad Sodiq, MA / Dr. Dimyati, M.Ag


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

Sample Text

 
Blogger Templates