Kamis, 24 November 2016

SILABUS AKHLAK

Mata Kuliah

:
Akhlak
Kode
:
AKH 3002
Bobot SKS
:
3 SKS
Jurusan
:
Pendidikan Agama Islam
Program Studi
:
Pendidikan Agama Islam
Semester
:
III/A
Mata Kuliah Prasyarat
:
-
Pengajar
:
Dimyati, Dr., M.Ag
Email : dimyati@uinjkt.ac.id
Blog   :http://dimyatisajari.blogspot.co.id
HP.     : 081301649098 / 085885081802
Standar Kompetensi
:
Memahami secara mendalam dan objektif tentang sistem Akhlak Islam dan siginifikansinya atau relevansinya dalam konteks kehidupan kekinian, yang bukan saja dalam bidang ‘aqidah dan khuluqiyah, tetapi juga dalam bidang iqtishadiyah (ekonomi), siyasiyah (politik), ijtima’iyah (sosial kemasyarakatan) dan lain-lain.
Kompetensi Dasar
:
1.      Menganalisa tentang Ta’rif, Tujuan dan Ruang Lingkup Akhlak serta Persamaan dan Perbedaannya dengan istilah lain, semisal etika, moral, susila dan budi pekerti.
2.      Menganalisa tentang Hakikat Manusia dan Daya-daya Ruhani: Nafs, 'Aql dan Qalb.
3.      Menganalisa tentang Tazkiat an-Nafs: Mujāhadah dan Riyādhah.
4.      Menganalisa tentang Sendi-sendi Pokok Akhlak Mulia, Makna Pentingnya dalam Kehidupan, Cara Pembinaan dan Pemeliharaannya.
5.      Menganalisa tentang Sendi-sendi Pokok Akhlak Tercela, Bahayanya dalam Kehidupan, Cara Pencegahan dan Penanggulangannya.
6.      Menganalisa tentang Manusia Sempurna (insan kamil) dan Moralitas (Akhlak) Ideal.
7.      Menganalisa tentang Akhlak kepada Allah, kepada Rasulullah, kepada Orang Tua dan terhadap Diri sendiri.
8.      Menganalisa tentang Akhlak dalam Ibadah (Thaharah, Shalat, Zakat, Puasa dan Haji) dan Tujuan Praktis Ibadah.
9.      Menganalisa tentang Pandangan Islam mengenai Kebaikan dan Kebahagiaan serta Pandangan Islam tentang Kehidupan Sekuleristik, Materialistik dan Hedonistik Manusia Modern.
10. Menganalisa tentang Akhlak dalam Kehidupan Sosial Kemasyarakatan (ijtima'iyyah) dan Pelestarian Lingkungan Hidup.
11. Menganalisa tentang Akhlak dalam Kegiatan Politik (siyasiyyah) dan Berbangsa dan Bernegara dalam Bingkai NKRI
12.      Menganalisa tentang Akhlak dalam Kegiatan Ekonomi (iqtishadiyyah).
13.      Menganalisa tentang Akhlak dalam Kehidupan Rumah Tangga dan Moralitas Budaya Modern.
Indikator
:
Setelah menyelesaikan seluruh materi perkuliahan diharapkan mahasiswa memiliki kemampuan:
1.   Menjelaskan tentang Ta’rif, Tujuan dan Ruang Lingkup Akhlak serta Persamaan dan Perbedaannya dengan istilah lain, semisal etika, moral, susila dan budi pekerti.
2.   Menjelaskan tentang Hakikat Manusia dan Daya-daya Ruhani: Nafs, 'Aql dan Qalb.
3.   Menjelaskan tentang Tazkiat an-Nafs: Mujāhadah dan Riyādhah.
4.   Menjelaskan tentang Sendi-sendi Pokok Akhlak Mulia, Makna Pentingnya dalam Kehidupan, Cara Pembinaan dan Pemeliharaannya.
5.   Menjelaskan tentang Sendi-sendi Pokok Akhlak Tercela, Bahayanya dalam Kehidupan, Cara Pencegahan dan Penanggulangannya.
6.    Menjelaskan tentang Manusia Sempurna (insan kamil) dan Moralitas (Akhlak) Ideal.
7.    Menjelaskan tentang Akhlak kepada Allah, kepada Rasulullah, kepada Orang Tua dan terhadap Diri sendiri.
8.    Menjelaskan tentang Akhlak dalam Ibadah (Thaharah, Shalat, Zakat, Puasa dan Haji) dan Tujuan Praktis Ibadah.
9.    Menjelaskan tentang Pandangan Islam mengenai Kebaikan dan Kebahagiaan serta Pandangan Islam tentang Kehidupan Sekuleristik, Materialistik dan Hedonistik Manusia Modern.
10.              Menjelaskan tentang Akhlak dalam Kehidupan Sosial Kemasyarakatan (ijtima'iyyah) dan Pelestarian Lingkungan Hidup.
11.              Menjelaskan tentang Akhlak dalam kegiatan politik (siyasiyyah) dan Berbangsa dan Bernegara dalam Bingkai NKRI.
12.              Menjelaskan tentang Akhlak dalam kegiatan ekonomi (iqtishadiyyah).
13.              Menjelaskan tentang Akhlak dalam Kehidupan Rumah Tangga dan Moralitas Budaya Modern.
Deskripsi Mata Kuliah
:
Mata Akhlak (Etika Islam) merupakan salah satu bahasan kajian yang sangat fundamental dan asasi dalam ajaran Islam dan telah dicontohkankan atau diteladankan oleh Rasulullah SAW. Oleh karena itu, mata kuliah ini di samping menekankan pada penguasaan aspek teoritis juga menitik beratkan pada terjadinya perubahan aspek perbaikan budi pekerti supaya menjadi lebih santun dan mulia dalam bertindak terhadap sesama manusia, baik kepada sesama muslim maupun kepada yang non muslim, baik di dalam menghormati kepada yang lebih senior (lebih tua) maupun di dalam menyayangi dan menyantuni kepada yuniornya (yang lebih muda) dalam pergaulan kehidupan sosial kemasyarakatan. Oleh sebab itu, ilmu ini sangat menekankan pentingnya penanaman pembiasaan yang berulang kali mengenai nilai-nilai luhur akhlak al-karimah yang perlu diamalkan dan akhlak madzmumah yang harus ditinggalkan. Akan tetapi, penanaman pembiasaan tentang quwwah ‘aqidah dan quwwah khuluqiyyah harus diterapkan pula di bidang eknomi, politik dan sosial sehingga umat pun kuat dalam bidang ekonomi (quwwah iqtishadiyah), politik (quwwah siyasiyah) dan sosial (quwwah ijtima’iyah). Di sinilah mata kuliah Akhlak ini mengkaji pula tentang ekonomi, politik, sosial dan lain-lain.
Materi dan Rencana Perkuliahan
Pertemuan ke
Rencana Tanggal
Materi Perkuliahan
1
Ta’rif, Tujuan dan Ruang Lingkup Akhlak serta Persamaan dan Perbedaannya dengan istilah lain, semisal etika, moral, susila dan budi pekerti.
2
Hakikat Manusia dan Daya-daya Ruhani: Nafs, 'Aql dan Qalb
3
Tazkiat an-Nafs: Mujāhadah dan Riyādhah
4
Sendi-sendi Pokok Akhlak Mulia, Makna Pentingnya dalam Kehidupan, Cara Pembinaan dan Pemeliharaannya.
5
Sendi-sendi Pokok Akhlak Tercela, Bahayanya dalam Kehidupan, Cara Pencegahan dan Penanggulangannya.
6
Manusia Sempurna (insan kamil) dan Moralitas (Akhlak) Ideal
7
Akhlak kepada Allah, kepada Rasulullah, kepada Orang Tua dan terhadap Diri sendiri.
8
Akhlak dalam Ibadah (Thaharah, Shalat, Zakat, Puasa dan Haji) dan Tujuan Praktis Ibadah.
9
Pandangan Islam mengenai Kebaikan dan Kebahagiaan serta Pandangan Islam tentang Kehidupan Sekuleristik, Materialistik dan Hedonistik Manusia Modern.
10
Akhlak dalam Kehidupan Sosial Kemasyarakatan (ijtima'iyyah) dan Pelestarian Lingkungan Hidup.
11
Akhlak dan Politik (siyasiyyah) dan Berbangsa dan Bernegara dalam Bingkai NKRI
12
Akhlak dan Ekonomi (iqtishadiyyah). 
13
Akhlak dalam Kehidupan Rumah Tangga dan Moralitas Budaya Modern.
Pendekatan Pembelajaran
:
Perkuliahan ini menggunakan pendekatan:
1. Interactive learning;
2. Active learning;
3. Inquiry-discovery-problem solving.
Terkait dengan pelaksanaan perkuliahan menggunakan pola:
1. Klasikal;
2. Kelompok;
3. Individual.
Terkait dengan penggunaan metode perkuliahan menggunakan metode: ceramah, diskusi, seminar dan penugasan.
Penilaian
:
Penilaian diperoleh dari aspek-aspek:
1. Formatif         : 30 %
2. UTS               : 30 %
3. UAS               : 40 %
Buku Sumber
:
1.    Prof. Dr. H. Moh. Ardani, Akhlak-Tasawuf: Nilai-nilai Akhlak/Budi pekerti dalam Ibadat & Tasawuf, Jakarta: CV. Karya Mulia, 2005
2.    Prof. Dr. H. Abuddin Nata, MA., Akhlak Tasawuf, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2008
3.    Abu Hamid Al-Ghazali, Ihya’ ‘Ulum al-Din, Daar al-Fikr, Beirut, t.t.
4.    Ibn Miskawaih, Tahdzib Al-Akhlaq wa Tathhir Al-A’raq, Mathba’ah Kurdistan al-Kurdi, t.t.
5.    Dr. Ahmad Amin, Al-Akhlak, terjemahan Prof. KH. Farid Ma’ruf, Bulan Bintang, Jakarta, 1975
6.    Dr. Ahmad Amin, Fajr al-Islam, Sulaiman Mar’I, Singapura, 1965
7.    HAMKA, Tasawuf Modern, Panji Masyarakat, Jakarta
8.    Imam al-Naisaburî al- Qusyairî, Risalatul Qusyairiyah: Induk Ilmu Tauhid, terj. M. Luqman al-Hakim, Surabaya: Risalah Gusti, 1996
9.    Kalâbâdzî, Abû Bakr Muhmmad al- Kalâbâdzî, Al-Ta‘arruf li-Madzhab Ahl al-Tashawwuf, Kairo: Maktabat al-Kulliyyât al-Azhariyyat, 1969
10. Dr. H. Hamzah Ya'qub, Etika Islam, Bandung: CV. Diponegoro, 1996, Cet. VII
11. Imam al-Ghazali, Meraih Kebahagiaan Dunia & Akhirat, Semarang: Mutiara Persada, 2003
12. Imam al-Ghazali, Benang Tipis antara Halal & Haram, Surabaya: Putra Pelajar, 2002
13. Kunto Wijoyo, Paradigma Islam, Bandung: Mizan, 1991
14. Kutowijoyo, Identitas Politik Umat Islam, Bandung: Mizan, 1997
15. Al-Mawardi, Al-Ahkam al-Sulthaniyyah, dar al-fikr, t.t.
16. Munawir Sjadzali, Islam dan Tata Negara, Jakarta: UI-Press, 2008
17. Bahtiar Effendy, Islam dan Negara, Jakarta: Paramadina, 1998
18. Said Hawwa, Jalan Ruhani, Bandung: Mizan, 1999
19. M. Ali Haidar, Nahdatul Ulama dan Islam di Indonesia, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1998












Mengetahui,                                                                                                      Jakarta, 4 September 2013
Ketua Jurusan/Prodi                                                                                       Dosen Pengampu Mata Kuliah
Bahrissalim, M.Ag                                                                                            Dimyati, Dr., M.Ag
NIP: 19680307199803 1 002                                                                          NIP: 196407041993031003

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

Sample Text

 
Blogger Templates