Mata
Kuliah
|
:
|
PERKEMBANGAN PEMIKIRAN MODERN DALAM ISLAM
|
|
Kode
|
:
|
-
|
|
Bobot
SKS
|
:
|
2 SKS
|
|
Jurusan
|
:
|
Pendidikan Agama Islam (PAI)
|
|
Program
Studi
|
:
|
Pendidikan Agama Islam (PAI)
|
|
Semester
|
:
|
V
|
|
Mata
Kuliah Prasyarat
|
:
|
-
|
|
Pengajar
|
:
|
Dr. Dimyati, M.Ag
|
|
Capaian Pembelajaran
|
:
|
Memiliki kemampuan menjelaskan dinamika atau
perkembangan pemikiran (pembaharuan) Islam dalam kontekstualisasi ajaran
Islam menghadapi pelbagai tantangan zaman dan mampu memahami keberagaman
pemikiran pembaharuan dalam konteks dunia Islam secara umum dan Indonesia
secara khusus (Ketrampilan kerja).
Mendeskripsikan berbagai pemikiran pembaharuan
dalam Islam dari periode pra-modern, modern dan kontemporer (Pengetahuan).
Merencanakan, melaksanakan, mengorganisasi, dan
mengontrol pengintegrasian keislaman dan keindonesiaan dengan penuh tanggung
jawab ( manajerial).
|
|
Deskripsi
Mata Kuliah
|
:
|
Perkembangan Pemikiran Modern dalam Islam membahas
pemikiran dan gerakan pembaharuan Islam dalam rangka kontekstualisasi ajaran
Islam menghadapi pelbagai tantangan zaman dari periode pra-modern, modern dan
kontemporer di sebagian belahan Dunia Islam: Saudi Arabia, Mesir, Turki,
Indo-Pakistan dan Indonesia.
|
|
Indikator
|
:
|
Setelah
menyelesaikan seluruh materi perkuliahan diharapkan mahasiswa memiliki
kemampuan:
1.1 Menjelaskan Pengertian Pembaharuan
dalam Islam
1.2 Menjelaskan Persamaan dan Perbedaan
antara Pemikiran dan Pembaharuan dalam Islam
1.3 Menjelaskan Tipologi Pembaharuan dalam
Islam
1.4 Mengidentifikasi Tipologi Pembaharuan
Pra-Modern
1.5 Mengidentifikasi Tipologi Pembaharuan
Era Modern
1.6 Mengidentifikasi Tipologi Pembaharuan
Era Kontemporer
2.1
Menjelaskan
Pembaharuan Islam Era Pra-Modern
2.2 Menjelaskan Pemikiran/Pembaharuan Ibnu
Taimiyah
2.3 Menjelaskan Pemikiran/Pembaharuan Shah
Waliy Allah
2.4 Menjelaskan Pemikiran/Pembaharuan
Muhammad bin Abdul Wahab
2.5 Mengidentifikasi Persamaan dan
Perbedaan Pembaharuan Ibn Taimiyah, Shah Waliy Allah, dan Muhammad bin Abdul
Wahab
2.6 Menyebutkan Relevansi Pembaharuan Ibn
Taimiyah, Shah Waliy Allah, dan Muhammad bin Abdul Wahab dalam Konteks
Kekinian Indonesia
3.1
Menjelaskan
Pembaharuan/Modernisme di Mesir
3.2
Menjelaskan Pembaharuan
Jamal al-Din al-Afghani
3.3
Menjelaskan Pembaharuan
Muhammad Abduh
3.4
Mengidentifikasi Persamaan
dan Perbedaan Pembaharuan Jamal al-Din al-Afghani dan Muhammad Abduh
3.5
Menyebutkan Relevansi
Pembaharuan Jamal al-Din al-Afghani dan Muhammad Abduh dalam Konteks Kekinian
Indonesia
4.1 Menjelaskan Pembaharuan Muhammad Ali Pasha
4.2 Menjelaskan Pembaharuan Hasan al-Banna
4.3 Mengidentifikasi
Persamaan dan Perbedaan Pembaharuan Muhammad Ali Pasha dan Hasan al-Banna
4.4 Menyebutkan Relevansi
Pembaharuan Muhammad Ali Pasha dan Hasan al-Banna dalam Konteks Kekinian
Indonesia
5.1
Menjelaskan Pembaharuan di
Turki
5.2 Menjelaskan Pembaharuan Sultan Mahmud II
5.3
Menjelaskan Pembaharuan Tanzimat
5.4
Menjelaskan Pembaharuan
Turki Utsmani
5.5
Mengidentifikasi Persamaan
dan Perbedaan Pembaharuan Sultan Mahmud II, Tanzimat dan Turki Utsmani
5.6
Menyebutkan Relevansi
Pembaharuan Sultan Mahmud II, Tanzimat dan Turki Utsmani dalam Konteks
Kekinian Indonesia
6.1 Menjelaskan Pembaharuan Utsmani Muda
6.2 Menjelaskan Pembaharuan Kemal Attarturk
6.3 Mengidentifikasi Persamaan dan Perbedaan
Pembaharuan Utsmani Muda dan Kemal Attarturk
6.4 Menyebutkan Relevansi Pembaharuan Utsmani
Muda dan Kemal Attarturk dalam Konteks Kekinian Indonesia
7.1 Menjelaskan Pembaharuan di India-Pakistan
7.2 Menjelaskan Pembaharuan Sayyid Ahmad Khan
7.3 Menjelaskan Tipologi Pembaharuan Sayyid Ahmad
Khan
7.4
Menjelaskan Pembaharuan Abul A’la al Maududi
7.5
Menjelaskan Tipologi Pembaharuan Abul A’la al Maududi
7.6
Mengidentifikasi Persamaan dan Perbedaan Pembaharuan
Sayyid Ahmad Khan dan Abul A’la al Maududi
7.7
Menyebutkan Relevansi
Pembaharuan Sayyid Ahmad Khan dan Abul
A’la al Maududi dalam Konteks Kekinian Indonesia
8.1 Menjelaskan Pembaharuan Islam di Pakistan
8.2
Menjelaskan
Pemikiran/Pembaharuan Muhammad Iqbal
8.3
Menyebutkan Tipologi
Pembaharuan Muhammad Iqbal
8.4
Menjelaskan
Pemikiran/Pembaharuan Muhammad Ali Jinnah
8.5
Menyebutkan Tipologi
Pembaharuan Muhammad Ali Jinnah
8.6
Mengidentifikasi Persamaan
dan Perbedaan Pembaharuan Muhammad Iqbal dan Muhammad Ali Jinnah
8.7
Menyebutkan Relevansi
Pembaharuan Muhammad Iqbal dan Muhammad Ali Jinnah dalam Konteks Kekinian
Indonesia
9.1
Menjelaskan
Pemikiran/Pembaharuan Islam di Iran
9.2 Menjelaskan Pemikiran/Pembaharuan Ayatullah
Khomeini
9.3 Menyebutkan Tipologi Pembaharuan Ayatullah
Khomeini
9.4 Menjelaskan Pemikiran/Pembaharuan Ali
Syariati
9.5 Menyebutkan Tipologi Pembaharuan Ali Syariati
9.6 Mengidentifikasi Persamaan dan Perbedaan
Pembaharuan Ayatullah Khomeini dan Ali Syariati
9.7 Menyebutkan Relevansi Pembaharuan
Ayatullah Khomeini dan Ali Syariati dalam Konteks
Kekinian Indonesia
10.1 Menjelaskan Pemikiran/Pembaharuan
Islam di Indonesia
10.2 Menjelaskan Pemikiran/Pembaharuan
Ahmad Surkati
10.3 Menyebutkan Tipologi Pembaharuan Ahmad
Surkati
10.4 Menjelaskan Pemikiran/Pembaharuan A.
Hasan
10.5 Menyebutkan Tipologi Pembaharuan A. Hasan
10.6 Mengidentifikasi Persamaan dan
Perbedaan Pembaharuan Ahmad Surkati dan A. Hasan
10.7 Menyebutkan Relevansi Pembaharuan
Ahmad Surkati dan A. Hasan dalam Konteks Kekinian Indonesia
11.1 Menjelaskan Pemikiran/Pembaharuan di
Organisasi Muhammadiyah
11.2 Menjelaskan Pemikiran/Pembaharuan KH
Ahmad Dahlan
11.3 Menyebutkan Tipologi Pembaharuan KH
Ahmad Dahlan
11.4 Menjelaskan Pemikiran/Pembaharuan Buya
HAMKA
11.5 Menyebutkan Tipologi Pembaharuan Buya
HAMKA
11.6 Mengidentifikasi Kontinuitas
Pembaharuan KH Ahmad Dahlan dan Buya HAMKA
11.7 Menyebutkan Relevansi Pembaharuan KH
Ahmad Dahlan dan Buya HAMKA dalam Konteks Kekinian Indonesia
12.1 Menjelaskan Pemikiran/Pembaharuan di
Organisasi NU
12.2 Menjelaskan Pemikiran/Pembaharuan KH
Hasyim Asy’ari
12.3 Menyebutkan Tipologi Pembaharuan KH
Hasyim Asy’ari
12.4 Menjelaskan Pemikiran/Pembaharuan KH
Ahmad Siddiq
12.5 Menyebutkan Tipologi Pembaharuan KH
Ahmad Siddiq
12.6 Mengidentifikasi Kontinyuitas
Pembaharuan KH Hasyim Asy’ari dan Ahmad Siddiq
12.7 Menyebutkan Relevansi Pembaharuan KH
Hasyim Asy’ari dan Ahmad Siddiq dalam Konteks Kekinian Indonesia
13.1 Menjelaskan Pemikiran/Pembaharuan
Harun Nasution
13.2 Menyebutkan Tipologi
Pemikiran/Pembaharuan Harun Nasution
13.3 Menjelaskan Pemikiran/Pembaharuan
Mukti Ali
13.4 Menyebutkan Tipologi
Pemikiran/Pembaharuan Mukti Ali
13.5 Mengkritisi Pemikiran/Pembaharuan
Harun Nasution dan Mukti Ali
|
|
Bahan Kajian
|
:
|
1.
Pengertian Pembaharuan dan
Tipologi Pembaharuan dalam Islam
2.
Pembaharuan Pra Modern: Ibnu Taimiyah, Shah Waliy Allah, dan Muhammad
bin Abdul Wahab
3.
Pembaharuan Islam di Mesir:
Jamaluddin al-Afghani dan Muhammad Abduh
4.
Pembaharuan Islam di Mesir:
Muhammad Ali Pasha dan Hasan al-Banna
5.
Pembaharuan Islam di Turki:
Sultan Mahmud II, Tanzimat,
dan Turki Utsmani.
6.
Pembaharuan Islam di Turki:
Usmani Muda dan Kemal Attarturk
7.
Pembaharuan Islam di
India-Pakistan: Ahmad Khan dan Abul
A’la al-Maududi
8.
Pemikiran/Pembaharuan Islam
di Pakistan: Iqbal dan Ali Jinnah
9.
Pemikiran/Pemabaharuan
Islam Iran: Ayatullah Khomeini dan Ali Syariati
10.
Pemikiran/Pembaharuan Islam
di Indonesia: Ahmad Surkati dan A. Hasan
11.
Pemikiran/Pembaharuan Islam
di Organisasi Muhammadiyah: KH Ahmad Dakhlan dan Buya HAMKA
12.
Pemikiran/Pembaharuan Islam
di Organisasi NU: KH Hasyim Asy’ari dan KH Ahmad Siddiq
13.
Pemikiran/Pembaharuan Harun
Nasution dan Mukti Ali
|
|
Pendekatan
Pembelajaran
|
:
|
Perkuliahan
ini menggunakan pendekatan:
1.
Active learning;
2.
Cooperative Learning
3.
Problem Based Learning (PBL)
4.
Inquiry-discovery-problem solving.
Terkait
dengan pelaksanaan perkuliahan menggunakan pola:
1.
Klasikal;
2.
Kelompok;
3.
Individual.
Terkait
dengan penggunaan metode perkuliahan menggunakan metode: ceramah, diskusi,
the power of two, critical incident, snowballing dan penugasan.
|
|
Penilaian
|
:
|
Penilaian diperoleh dari aspek-aspek:
1.
Ujian Tengah Semester
2.
Ujian Akhir Semester
3. Formatif/Kehadiran/Penugasan/Performance Assessment/ portofolio
Penilaian Produk : Test
Penilaian Proses :
Nontest/ Performance assesment pada pengalaman belajar, Self
Assesment, Peer Assesment
|
|
Buku Sumber
|
:
|
1.
A. Mukti Ali, Metode
Memahami Agama Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1991
2.
Harun Nasution, Pembaharuan
dalam Islam: Sejarah Pemikiran dan Gerakan, Jakarta: Bulan Bintang, Cet.
Ke-14, 2014
3.
Panitia Penerbitan Buku dan
Seminar 70 Tahun Harun Nasution, Refleksi Pembaharuan Pemikiran Islam: 70
Tahun Harun Nasution, Jakarta: LSAF, 1989
4.
Amien Rais, Tauhid
Sosial, Bandung: Zaman Wacana Mulia, 1998
5.
Abu al-A'la al-Maududi, A
Short History of Revivalist Movement in Islam, Lahore: 1972
6.
HAMKA, Tasawuf Modern,
Jakarta:Pustaka Panjimas, 1987
7.
Azyumardi Azra, Jaringan
Ulama, Bandung: Mizan, 1998
8.
Nurcholis Madjid, Islam
Kemodernan dan KeIndonesiaan, Bandung: Mizan,1998
9.
Endang Saifudin Anshari, Piagam
Jakarta 22 Juni 1945, Jakarta:
10.
A. Syafi’i Ma’arif, Islam
dan Masalah Kenegaraan
11.
Djarnawi Hadikusumo, Dari
Jamaludin al-Afgani sampai KH. Ahmad Dahlan
12.
Deliar Noer, Gerakan
Medern Islam di Indonesia (1900-1942), Jakarat: LP3ES, 1982
13.
Saiful Muzani, Islam
Rasional; Gagasan dan pemikiran Prof. Harun Nasution, Jakarat: Mizan,
1980
14.
Murni Djamal, HAMKA;
Pengaruhnya dalam Islam di Minangkabau Pada Awal Abad 20, Jakarta:
Indonesia Netherland Corporation.
15.
Karel Stenbrink, Beberapa
aspek tentang Islam di Indonesia Abad ke-19, Jakarat; Bulan Bintang, 1984
16.
M. Yusron Asrofi, KH
Ahmad Dahlan: Pemikiran dan Kepemimpinan, Yogyakarta: 1983
17.
MT. Arifin, Gagasan
Pembaharuan Muhammadiyah, Jakarta: Dunia Pustaka Jaya, 1987
18.
Syaifullah Ma’sum, Karisma
Ulama;Kehidupan Ringkas 26 Tokoh NU, Bandung: Mizan, 1988
19.
Howard M Federspeil, Labirin
Ideologi Muslim; Pencarian dan Pergaulan PERSIS di Era Kemunculan Negara
Indonesia (1923-1957), Jakarta: Serambi, 2004
20.
Fuad Moenawar Noeh, Menghidupkan
Ruh Pemikiran KH.Ahmad Shiddiq, Jakarta:
Gramedia, 2002
21.
Ris’an Rusli, Pembaharuan
Pemikiran Modern dalam Islam, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2013
22.
M. Ali Haidar, Nahdatul
Ulama dan Islam di Indonesia, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1998
23.
Lathiful Khuluq, Fajar
Kebangunan Ulama: Biografi KH. Hasyim Asy’ari, Yogyakarta: LKiS, 2000
24.
Ira M. Lapidus, Sejarah
Sosial Umat Islam: Bagian kesatu-ketiga, Jakarta: RajaGrafindo Persada,
2000
|
Mengetahui, Jakarta,
04 September 2017
Ketua Jurusan PAI Dosen
Pengampu Mata Kuliah
Dr. Âbdul Majid Khon, M.Ag Dr. Dimyati, M.Ag
Tidak ada komentar:
Posting Komentar