Mata Kuliah
:
|
AQIDAH DAN AKHLAK SD/MI
|
|||||||
Kode
|
:
|
|
||||||
Bobot SKS
|
:
|
2 SKS
|
||||||
Jurusan
|
:
|
|
||||||
Program Studi
|
:
|
|
||||||
Semester
|
:
|
II
|
||||||
Mata Kuliah Prasyarat
|
:
|
|
||||||
Pengampu
Mata Kuliah
|
:
|
DIMYATI, DR., M.Ag
|
||||||
Standar Kompetensi
|
:
|
Menjelaskan
grant concept Aqidah dan Akhlak dan implementasinya dalam berbagai bidang
kehidupan umat manusia, yang bukan saja dalam bidang ‘aqidah dan khuluqiyah, tetapi juga bidang pendidikan (tarbiyah), iqtishadiyah (ekonomi), siyasiyah (politik) dan ijtima’iyah (sosial kemasyarakatan).
|
||||||
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.
Memahami tentang Pengertian Aqidah, Iman,
Tauhid, Islam dan Kufr
2.
Memahami Rukun Iman (ke-1, ke-5 dan ke-6)
dan Hikmahnya dalam kehidupan
3.
Memahami Rukun Iman (ke-2, ke-3 dan ke-4)
dan Hikmahnya dalam kehidupan.
4.
Memahami Tauhid dan
Syirik dan Implikasi Keduanya dalam Kehidupan
5.
Memahami Al-Asma’
al-Husna (Al-Rahman, Al-Rahim,
Al-Shamad, Al-Razzaq)
6.
Memahami Perubahan Aqidah yang dilakukan
Rasulullah SAW dan Implementasinya dalam konteks kehidupan kekinian
7.
Memahami Pengertian Akhlaq, Tujuan, Ruang
Lingkup, Persamaan dan Perbedaannya dengan Istilah-istilah lain serta Hubungannya
dengan Ilmu-ilmu lain
8.
Memahami Akhlak Murid Menurut Islam
9.
Memahami Akhlak Guru Menurut Islam
10. Memahami Hubungan
Sosial dan Kepedulian Sosial.
11. Memahami Kehidupan
Berumah Tangga menurut Islam dan Barat.
12. Memahami Akhlaq
dalam Politik.
13.
Memahami Akhlak dalam Ekonomi.
|
||||||
Indikator
|
:
|
Setelah menyelesaikan seluruh materi perkuliahan
diharapkan mahasiswa memiliki kemampuan:
1.
Menjelaskan tentang:
1.1.
Pengertian Aqidah/Iman
1.2. Iman dan Tauhid
1.3.
Tauhid dan Aqidah.
1.4. Iman, Islam dan kufr.
2.
Menjelaskan tentang:
2.1. Pengertian Rukun,
Iman dan Rukun Iman
2.2. Makna dan Hikmah Iman kepada Allah
2.3. Akhlak kepada Allah
2.4. Pengertian Hari
Akhir
2.5. Makna dan Hikmah Iman kepada Hari Akhir
2.6. Pengertian Qadha
dan Qadar
2.7. Makna dan Hikmah Iman kepada Qadha da Qadar
3.
Menjelaskan tentang:
3.1. Makna dan Hikmah
Iman kepada Malaikat Allah
3.2. Akhlak kepada
Malaikat Allah
3.3. Makna dan Hikmah
Iman kepada Kitab Allah
3.4. Akhlak kepada Kitab
Allah
3.5. Makna dan Hikmah
Iman kepada Nabi dan Rasul Allah
3.6. Akhlak kepada Nabi
dan Rasul Allah
4.
Menjelaskan tentang:
4.1. Pengertian Tauhid dan Syirik
4.2. Macam-macam Tauhid
4.3. Cara Mentauhidkan Allah
4.4. Hikmah Mentauhidkan Allah dalam Kehidupan
4.5. Macam-macam Syirik
4.6. Cara Meninggalkan Syirik
4.7. Bahaya Syirik dalam
Kehidupan
4.8. Hikmah Meninggalkan Syirik dalam kehidupan.
5.
Menjelaskan tentang:
5.1. Pengertian dan Manfaat Al-Asma’ al-Husna
5.2. Pengertian Al-Rahman
dan Aplikasinya dalam Kehidupan
5.3. Pengertian Al-Rahim
dan Aplikasinya dalam Kehidupan
5.4. Pengertian
Al-Shamad dan Aplikasinya dalam Kehidupan
5.5. Pengertian
Al-Razzaq dan Aplikasinya dalam Kehidupan
5.6. Pengertian dan Aplikasinya dalam Kehidupan
5.7. Pengertian dan Aplikasinya dalam Kehidupan
6.
Menjelaskan tentang:
6.1. Aqidah Masyarakat
Arab Jahiliyah
6.2. Aqidah Rasulullah
SAW
6.3. Metode Rasulullah
di dalam Melakukan Perubahan Aqidah
6.4. Tantangan yang
Dihadapi Rasulullah SAW
6.5. Implementasi Aqidah
dan Metode Perubahan Aqidah yang Dilakukan Rasulullah SAW dalam konteks
kehidupan kekinian
7.
Menjelaskan tentang:
7.1. Pengertian Akhlaq
7.2. Tujuan Akhlak
7.3. Ruang Lingkup
Akhlak
7.4. Persamaan dan
Perbedaan Akhlak dengan Moral, Etika, Budi Pekerti dan Susila
7.5. Hubungan Akhlak
dengan Aqidah
7.6. Hubungan Akhlak
dengan Fiqih
7.7. Hubungan Akhlak
dengan Tasawuf
7.8. Hubungan Akhlak
dengan Filsafat
8.
Menjelaskan tentang:
8.1. Pengertian Murid
dan Istilah-istilah lain
8.2. Ethos Murid di
dalam Menuntut Ilmu
8.3. Akhlak Murid di
dalam Menuntut Ilmu
8.4. Akhlak Murid terhadap
Dirinya Sendiri
8.5. Akhlak Murid terhadap
Sesama Murid
8.6. Akhlak Murid
terhadap Guru
9.
Menjelaskan tentang:
9.1. Pengertian Guru dan
Istilah-istilah lain
9.2. Ethos Guru di dalam
Mengamalkan Ilmu
9.3. Akhlak Guru di
dalam Mengamalkan Ilmu
9.4. Akhlak Guru
terhadap Dirinya Sendiri
9.5. Akhlak Guru
terhadap Sesama Guru
9.6. Akhlak Guru
terhadap Murid
10. Menjelaskan tentang:
10.1.Pengertian Hubungan
Sosial dan Kepedulian Sosial
10.2.Akhlak Muslim terhadap Orang yang Lebih Tua dan yang Lebih
Muda
10.3.Akhlak Muslim di dalam Hubungan Sosial terhadap Sesama Muslim
10.4.Akhlak Muslim di dalam Hubungan Sosial terhadap Non-Muslim
10.5.Kepedulian Sosial Seorang Muslim dengan Orang yang Lebih Tua dan yang Lebih Muda
10.6.Kepedulian Sosial Seorang Muslim dengan Sesama Muslim
10.7.Kepedulian Sosial Seorang Muslim dengan Sesama Muslim
11. Menjelaskan tentang:
11.1.Pengertian Kehidupan
Berumah Tangga
11.2.Tujuan Kehidupan
Berumah Tangga menurut Islam
11.3.Tujuan Kehidupan
Berumah Tangga menurut Barat
11.4.Kesucian Kehidupan
Berumah Tangga Menurut Islam dan Barat
11.5.Kesucian Keturunan
menurut Islam dan Barat
12. Menjelaskan tentang:
12.1.Pengertian Politik
12.2.Akhlak di dalam
Meraih Kekuasaan
12.3.Akhlak di dalam
Mempertahankan Kekuasaan
12.4.Akhlak Pejabat
12.5.Akhlak Rakyat
12.6.Tanggung Jawab
Pemimpin/Penguasa
13.
Menjelaskan tentang:
13.1.
Pengertian Ekonomi
13.2.Akhlak di dalam
Memperoleh Kekayaan
13.3.Akhlak Orang Kaya
13.4.Akhlak Orang Miskin
13.5.Kaya dan Miskin
Menurut Islam
|
||||||
Deskripsi
Mata Kuliah
|
:
|
Mata Kuliah Aqidah dan Akhlak merupakan
salah satu bahasan kajian yang sangat fundamental dan asasi dalam ajaran
Islam. Oleh karena itu, mata
kuliah ini di samping menekankan pada penguasaan aspek teoritis juga menitik beratkan pada terjadinya
perubahan aspek perbaikan akhlak supaya
menjadi lebih santun dan mulia
dalam bertindak terhadap sesama
manusia, baik kepada sesama
muslim maupun kepada yang non muslim, baik di dalam menghormati kepada yang
lebih senior (lebih tua) maupun
di dalam menyayangi dan
menyantuni kepada yuniornya (yang
lebih muda) dalam pergaulan
kehidupan sosial kemasyarakatan. Akan tetapi, quwwah ‘aqidah dan quwwah khuluqiyyah harus diterapkan di
bidang pendidikan, eknomi, politik dan sosial sehingga umat pun kuat dalam
bidang pendidikan (tarbiyah), ekonomi (quwwah iqtishadiyah), politik (quwwah siyasiyah) dan sosial (quwwah
ijtima’iyah). Di sinilah mata kuliah Aqidah dan Akhlak ini mengkaji pula
tentang pendidikan, ekonomi, politik dan sosial.
|
||||||
Materi dan Rencana Perkuliahan
|
|
|
||||||
Pertemuan
ke
|
Rencana
Tanggal
|
Materi
Perkuliahan
|
||||||
1
|
|
Kontrak Kuliah
|
||||||
2
|
|
Pengertian
Aqidah, Iman, Tauhid, Islam dan Kufr
|
||||||
3
|
|
Rukun
Iman (ke-1, ke-5 dan ke-6) dan Hikmahnya dalam kehidupan
|
||||||
4
|
|
Rukun Iman (ke-2, ke-3 dan ke-4) dan Hikmahnya
dalam kehidupan
|
||||||
5
|
|
Tauhid dan Syirik dan implikasi keduanya dalam kehidupan
|
||||||
6
|
|
Al-Asma’ al-Husna (Al-Rahman, Al-Rahim, Al-Shamad,
Al-Razzaq)
|
||||||
7
|
|
Perubahan Aqidah yang dilakukan Rasulullah SAW dan Implementasinya dalam
konteks kehidupan kekinian
|
||||||
8
|
|
UTS
|
||||||
9
|
|
Pengertian Akhlaq, Tujuan, Ruang Lingkup,
Persamaan dan Perbedaannya dengan Istilah-istilah lain serta Hubungannya
dengan Ilmu-ilmu lain
|
||||||
10
|
|
Akhlak Murid Menurut Islam
|
||||||
11
|
|
Akhlak Guru Menurut Islam
|
||||||
12
|
|
Hubungan Sosial dan Kepedulian Sosial
|
||||||
13
|
|
Kehidupan Berumah Tangga menurut Islam dan Barat
|
||||||
14
|
|
Akhlaq dalam Politik
|
||||||
15
|
|
Akhlak dalam Ekonomi
|
||||||
16
|
|
UAS
|
||||||
Pendekatan Pembelajaran
|
:
|
Seminar, diskusi dan
ceramah
|
Penilaian
|
:
|
Penilaian diperoleh dari
aspek-aspek:
1. Formatif dan tugas : 30%
2. Ujian Tengah
Semester : 30%
3. Ujian Akhir
Semester : 40%
|
Buku Sumber
|
:
|
1. Akhlak-Tasawuf: Nilai-nilai
Akhlak/Budi pekerti dalam Ibadat & Tasawuf oleh Prof. Dr. H. Moh. Ardani
2. Akhlak Tasawuf Oleh Prof. Abudin Nata
3. Kitab Tauhid I Oleh Dr. Shalih bin Fauzan
bin Abdullah al-Fauzan
4. Al-Iman Arkanuhu Haqiqatuhu wa Nawaqidhuhu Oleh Dr. M. Nurdin Yasin
5.
Ihya Ulumuddin Oleh Al-Ghazali
6.
I’tiqad Alhlus Sunnah Al Jama’ah Oleh Sirajuddin Abbas
7. Fushul
fi al-Aqidah baina al-Salaf wa al-Khalaf
Oleh Yusuf Qardawi
8.
Aqidah oleh Mahrus, MA
9.
Aqidah Ahlussunnah wal Jama’ah oleh Syaikh Muhammad b. Shaleh al-’Utsaimin
10.
Etika (Ilmu Akhlak) oleh Ahmad
Amin
11.
Islam oleh
Fazlur Rahman
12.
Manusia Citra Ilahi oleh
Yunassir Ali
13.
Fiqh as-Sunnah oleh
Sayid Sabiq
14.
Paradigma Islam oleh
Kuntowijoyo
15.
Islam Doktrin dan Peradaban oleh
Nurcholish Madjid
16.
Islam Ditinjau dari berbagai
aspeknya oleh Harun Nasution
|
Mengetahui, Jakarta,
01 Maret 2014
Ketua Jurusan/Prodi PAI Dosen
Pengampu Mata Kuliah
Bahrissalim, M.Ag Dimyati,
Dr., M.Ag
NIP. 19680307199803 1 002 NIP.
19640704199303 1 003
Tidak ada komentar:
Posting Komentar