Kamis, 24 November 2016

Makna Penting Dzikir

Ibn ‘Athâ’illâh di dalam kitabnya Al-Hikam melarang meninggalkan dzikir dikarenakan kelalaian kepada Allah dengan tiadanya berdzikir jauh lebih berbahaya dibanding kelalaian kepada Allah dengan adanya berdzikir. Dengan mendawamkan berdzikir, menurut Ibn ‘Athâ’illâh, lama kelamaan akan mencapai taraf dzikir yang disertai dengan kelalaian terhadap segala sesuatu yang selain Allah. Ibn ‘Athâ’illâh mengatakan:
 “Jangan engkau tinggalkan dzikir dikarenakan engkau tidak merasakan Kehadiran Ilahi di dalam dzikir tersebut, sebab kelalaian engkau terhadap-Nya dengan tidak adanya dzikir kepada-Nya itu lebih berbahaya daripada kelalaianmu terhadap-Nya dengan adanya dzikir kepada-Nya. Oleh karena itu, mudah-mudahan Allah menaikkan engkau dari dzikir yang disertai dengan kelalaian kepada dzikir yang disertai dengan kesadaran, dari dzikir yang disertai dengan kesadaran kepada dzikir yang disertai dengan Kehadiran-Nya, dari dzikir yang disertai dengan Kehadiran-Nya kepada dzikir yang disertai dengan kelalaian terhadap segala sesuatu yang selain-Nya. ‘Dan yang demikian itu tidak sukar bagi Allah’” (Bab V Hikmah ke-47).
            Menurut Syekh Fadhlalla Haeri, seperti dikemukakan dalam bukunya Belajar Mudah Tasawuf, senantiasa berdzikir kepada Allah SWT--begitu pula berbagai doa dan ibadah kepada-Nya--merupakan cara mengalihkan pikiran dari memikirkan hal-hal yang bukan Ilahi disebabkan ingatan yang terkonsentrasi hanya kepada-Nya itu bisa mengurangi proses pemikiran terhadap segala hal yang bukan Dia. Dalam pandangan Fadhlalla Haeri, jika pengingatan yang terkonsentrasi hanya kepada-Nya ini dilakukan terus menerus, maka lama kelamaan pemikiran dan kesadaran terhadap segala sesuatu yang selain-Nya akan sirna dengan sendirinya. Oleh karena itulah, orang yang melakukan perjalanan menuju-Nya dituntut untuk tidak mengingat segala sesuatu yang dapat dilihat-Nya, segala sesuatu selain-Nya, dan dituntut untuk hanya berkonsentrasi kepada ingatan yang sejati, yakni Allah SW

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

Sample Text

 
Blogger Templates